Mason Jar?

by gumilangra

Aku tahu aku pernah menyimpannya

Di suatu tempat dalam kepala

Membentangkannya jadi uraian memanjang

yang terjalin satu sama lain

Seperti layaknya dalam badan kaset,

ialah pita yang merekam cerita kita

Aku tahu aku pernah menyimpannya

Tapi tak kutemukan juga

meski kucari ke sini dan ke sana

“Mungkin ia memang tak pernah benar-benar tersimpan di dalamnya”

Bisa jadi. Aku pun sadar aku kurang pandai menatanya

Sehingga bisa saja ia tercecer keluar kepala

“Atau mungkin belum dicari di tempat yang tepat”

Bisa jadi. Terlebih gelapnya kepala terlampau pekat

Sehingga tanpa disadari, terdapat bagian-bagian yang terlewat

Namun, sekarang aku ingin beristirahat

sebelum mencari ulang dengan lebih cermat

Aku memimpikan

sebuah wadah yang teramat kedap

Tempat menyimpan kenang-kenangan agar tak serta-merta menguap

dan tak jatuh berceceran lalu hilang tanpa jejak

Badannya dari kaca bening

Tak terlalu besar hingga dapat selalu kujinjing

Bisa kututup dan kubuka kapanpun aku suka

Isinya pun tampak jelas oleh mata

hingga aku tahu yang mana ada di mana lalu dengan mudah kuraih isinya

Aku memimpikan

sebuah wadah untuk cerita kita

