#PsikologiCerah

by gumilangra

“Dari sekian banyak yang ada, hanya sebagian yang tahu. Dari sekian yang tahu, hanya sebagian yang mengerti. Dari sekian yang mengerti, hanya sebagian yang peduli. Dari sekian yang peduli, hanya sebagian yang turut berkontribusi. Lantas, di bagian manakah kita berada?”

Orang akan mau berjuang ketika ia sadar akan apa sebenarnya yang perlu dan ingin mereka perjuangkan. Orang akan mau berusaha menuntaskan masalah di sekitarnya jika ia sadar apa sebenarnya masalah itu. Selanjutnya, kepedulian dari dalam diri masing-masing individulah yang akan merealisasikannya dalam bentuk tindakan nyata. Memang, kepedulian saja tak cukup. Masih diperlukan tekad, pengalaman, pengetahuan, dan hal-hal esensial lain untuk mewujudkan suatu tindakan nyata yang memang mengandung guna. Namun, dari kepedulianlah semua berawal.

Ya, dari kepedulianlah suatu perubahan ke arah yang baik mampu terejawantah. Dimulai dari menyadari peran dan kewajiban, lalu diwujudkan dalam perbuatan. Sebelum bermimpi untuk mencerahkan lingkungan, penting untuk mencerahkan diri sendiri dahulu. Ketika semua telah sadar akan peran dan kekuatan masing-masing, perubahan besar bukan lagi sekadar wacana. Oleh karenanya, mari mulai aksi dari diri sendiri. Lagi pula, aksi kecil jauh lebih baik dari pada keluhan dan gerutu tanpa hasil, kan?

Mengapa ‘mengapa’? Mengapa tidak ‘mengapa tidak’, jika itu memang lebih cerah?

Yuk, kita berjuang bersama untuk mewujudkan #PsikologiCerah! :D

Advertisements